Pemkot Depok Komitmen Buka SMPN Khusus Olahraga Untuk Atlit Berprestasi

DEPOK JAYA, depokupdate.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok nampaknya benar-benar komitmen memajukan dunia olahraga, pasalnya tahun 2021 ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok membuka sekolah olahraga khusus untuk atlit – atlit yang berprestasi.

“PPDB tahun ini, kita ada penambahan 7 satuan pendidikan SMPN, salah satunya SMPN 30, sekolah ini khusus untuk pembinaan olahraga,”ujar Kabid Pembinaan SMP Disdik Kota Depok Mulyadi usai meninjau Sarpras di SDN Depok Baru 5, Rabu (23/6/21).

Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) SMPN 30, kata dia, akan berlangsung di SDN Depok Baru 5 sedangkan PPDB untuk sekolah khusus olahraga tersebut, dilakukan di SMPN 19 Depok

Tematik olahraga ini, artinya untuk mewadahi anak-anak yang punya potensi, punya prestasi di bidang olahraga. Nanti bakat dan potens yang dimiliki anak-anak, akan dikembangkan disekolah tersebut.

baca juga :  Tahun Ajaran 2020/2021, KBM Dilaksanakan Secara Daring

“Jadi bukan sekedar sekolah olahraga, tapi ada juga pembinaan secara intensif, yang di lakukan oleh pelatih,”ujarnya.

“Karena baru dibuka tahun ini dan akan menggunakan gedung SDN Depok Baru 5, maka sarana olahraganya yang sekiranya bisa di pakai dan bisa dimanfaatkan dulu,”jelas mulyadi.

“Sengaja kita buka sekolah ini dekat dengan Stadion Merpati agar fasilitas yang ada di Stadion Merpati bisa dimanfaatkan
untuk anak-anak sekolah olahraga,”jelasnya.

Mulyadi menegaskan, sekolah khusus olahraga Kota Depok, hanya di SMPN 30 yang dibuka tahun ini, sedangkan SMPN 11 termasuk sekolah reguler hanya membuka beberapa kelas olahraga.

baca juga :  Kepala BKD, Nina : Optimis Target PAD 2019 Tercapai

“Kalau SMPN 30 ini semuanya, anak-anak yang masuk sini, diharapkan yang punya prestasi olahraga,jadi kalau tidak punya prestasi ya tidak bisa masuk sini.kalau sudah ditentukan itu sebagai SMP olahraga, artinya betul-betul dikhususkan untuk anak-anak yang punya prestasi di bidang olahraga,”paparnya.

Ditempat yang sama, Kabid Sarpras Disdik Kota Depok Sutarno mengatakan, hari ini meninjau Sarana Prasarana (Sarpras) yang ada SDN Depok Baru 5 , lantaran akan digunakan untuk sekolah olahraga yang dibuka tahun ajaran 2021/2022 tahun ini.

“Walau tahun ajaran baru ini masih belajar Daring atau PJJ, minimal semester nanti sudah kita siapkan Sarprasnya,”Ucapnya.

baca juga :  Gaspol Jek Resmi Mengaspal

Pemkot Depok sudah merencanakan gedung tersebut dibangun total menjadi 3 lantai pada tahun 2023, denga n anggaran sebesar Rp. 35 Milyar.

“Namanya sekolah khusus olahraga perlu banyak fasilits, jadi menelan anggaran sebesar 35 Milyar untuk pembangunannya menjadi 3 lantai pada tahun 2023 mendatang,” bebernya.

Sutarno menjelaskan, untuk sarana olahraga saat ini hanya memanfaatkan yang ada dulu di lingkungan kantor KONI, Stadion Merpati dan GOR, yang saat ini dalam tahap pembangunan.

“Untuk gedung sekolah olahraga ini, ke depan kita hanya akan siapkan alat-alat olahraga, lapangan kecil dan ruang untuk istirahat, sebab mereka para atlit capai usai berlatih, jadi perlu tempat khusus untuk istirahat ,”pungkasnya.