Masyarakat Depok Dipermudah Dengan Layanan Silondo Bermula

 

Depokupdate.com, Cilodong- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memaksimalkan pelayanan berbasis online. Salah satu nya yang menjadi andalan Disdukcapil adalah layanan Silondo Bermula, kepanjangan dari Sistem Layanan Online Dukcapil Depok Bersih Mudah dan Lancar.

Walikota Depok Mohammad Idris, usai menggelar acara “Ngopi Online Bareng Baba Walikota Depok” secara virtual. Kegiatan diskusi dan tanya jawab terkait inovasi pelayanan dokumen kependudukan mengatakan, ini merupakan upaya agar warga dapat mengetahui semua inovasi pelayanan kependudukan di Kota Depok. Yakni inovasi Bermula atau Bersih Mudah dan Lancar.

baca juga :  Pandemi Covid-19, Persikad 1999 Bagikan Ratusan Paket Sembako

“Ini merupakan inovasi pelayanan Disdukcapil, tujuan nya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat yaitu Bermula. Bersih Mudah Lancar. Bersih no pungli no calo, Mudah online dan gratis, Lancar tepat waktu dan tepat sasaran” ujar Idris, Selasa (23/03/2021)

Idris menambahkan, bahwa seluruh pelayanan di Disdukcapil gratis. Untuk itu dirinya berharap Camat dan Lurah bisa mensosialisasikan program Bermula.

“Semua pelayanan di Disdukcapil saya jamin gratis. Komitmen kita untuk melayani masyarakat dengan baik, sekarang semua dipermudah. Saya berharap Camat dan Lurah bisa mensosialisasikan layanan Bermula ini” papar Idris

baca juga :  Sekber Wartawan Depok Gelar HUT Pertama

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyatti mengatakan, berawal layanan ini dinamakan Silondo Sistem Layanan Online Disdukcapil Depok, namun atas saran pak Walikota ditambahkan Bermula.

“Saat ini namanya menjadi Silondo Bermula, Sistem Layanan Online Dukcapil Depok Bersih Mudah dan Lancar, sistem layanan ini berbasis WhatsApp. Disdukcapil adalah ranah publik paling dasar, dari anak lahir sampai meninggal dilayani oleh kita,” ucap Ani, sapaan akrab Nuraeni

Dikatakan nya, dengan adanya layanan berbasis online, bisa menghindari pungli dan juga calo. Menurutnya Disdukcapil melayani 2500 transaksi setiap harinya. Keluhan blanko sudah tidak ada.

baca juga :  Tingkatkan Efisiensi Pengiriman Paket, J&T Express Luncurkan Air Freighter

“Alhamdulillah pak Dirjen selalu meng Acc setiap pengajuan kami, bahkan sampai bulan maret ini kita sudah mengajukan 60 ribu blanko. Alhamdulillah Depok dimudahkan” jelasnya

Ani menambahkan, Disdukcapil akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Karena itu, pihaknya terus melakukan inovasi dalam pelayanan demi mempermudah masyarakat Depok.

“Dengan adanya Silondo Bermula, saya berharap bisa mempermudah masyarakat Juga mempercepat kerja Disdukcapil Kota Depok dalam melayani masyarakat,” tutup Ani