Lestarikan Budaya, Kejuaraan Pencak Silat Digelar

Cilodong, depokupdate.com
Wali Kota Depok, Mohammad Idris resmi membuka Kejuaraan Pencak Silat Piala Wali Kota Depok di Pendopo PSHT, Kecamatan Cilodong, Jumat (29/11/2019).

Idris mengatakan kejuaraan tersebut diadakan sebagai bentuk apresiasi dirinya terhadap olahraga seni bela diri. Selain itu juga dia berharap agar ajang yang diadakan dapat mencetak atlet berbakat.

“Semoga ada atlet pencak silat yang bagus di masa mendatang berasal dari sini,” kata Idris.

Dia juga mengimbau para perlserta bahwa apa yang dilakukan harus sesuai dengan perunjuk sang pembina, yaitu buka untuk menjadi jagoan. “Silat untuk bela diri, bukan ajang adu jago,” katanya.

Idris berharap ilmu silat dapat digunakan jika mendesak untuk membela diri dan mumpuhkan lawan yang menyerang. Selain itu dia berharap semua yang hadir dapat melestarikan bela diri yang sudah melegenda tersebut.

Mohammad Idris juga mengatakan, dalam mendukung perkembangan olahraga  Pencak silat telah menyediakan lahan 2300 meter untuk dibangunkan Sebuah Pendopo Pencak Silat.

Baca Juga :  Komunitas ID, Depok Heritage dan LKSW Guyub Membangun Iklim Depok yang Damai

“Namun entah  mengapa IPSI Depok belum menindaklanjutinya, dengan alasan belum ada jalan dan kurang ramai sehingga  ada kesan kurang merespon tawaran ini,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua IPSI Kota Depok Hasanudin mengatakan, pihaknya bukan tidak merespon akan hal ini. Diakui, ada pendapat berbeda di kalangan pengurus IPSI dalam menindak lanjuti tawaran ini.

“Bukan karena tidak ramai atau masih sepinya lokasi tersebut.” Jelas Hasanudin.

Dikatakan, pihaknya sangat bertimakasih  atas  disediakanya lahan untuk dibangun Pendopo Pencak Silat  oleh Pemkot Depok ini.

Sedangkan terkait kejuaraan yang   digelar ini, Hasanudin  mengatakan, dalam  rangka mencari bibit atlit silat baru untuk persiapan  Popda  dan Porda Jawa Barat dan Kejuaraan lainnya

“Kejuaraan  Walikota Cup ini juga kegiatan  kesinambungan dan untuk persiapan Popda Olahraga pelajar serta Porda tahun 2021.” Jelasnya.

Baca Juga :  Komunitas ID, Depok Heritage dan LKSW Guyub Membangun Iklim Depok yang Damai

Tidak kurang 437 orang Atlit dari lebih dari 10 Perguran mengikuti, kejuaraan ini  mempertandingkan Silat Prestasi dan Budaya.

“Diakui  IPSI di tengah masyarakat   ada anggapan dibedakan Silat Prestasi dan Tradisi,  dan tidak saling  mendukung padahal tidak demikian, tradisi mendukung prestasi, prestadi mendukung  tradisi,” jelasnya.

“Kita harus  meningkatkan prestasi, prestasi memdukung tradisi  dan sebaliknya,  sekaligus untuk investarisasi sukses nya di Kota Depok dalam Cabang Olahraga Pencak  di Jawa Barat.” Tambahnya.

Diakui PSHT salah satu perguruan  yang berkembang cukup pesat di Depok, hampir semua perguruan  ada  dan yang terdaftar sampai saat ini  98 perguruan yang ada di Kota Depok.

Di Depok ada Ratusan Perguruan Pencak Silat tetapi yang terdaftar di IPSI  baru 98 Perguruan. (Dim)

1,521 kali dilihat, 119 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Copyright © 2019 Depok Update                         All Rights Reserved Powered by MasHer