Kini Hadir Aplikasi Penyaluran Hobi IndoHobi.id

TANGSEL, depokupdate.com | Pandemi Covid-19 mengakibatkan hampir seluruh aktivitas masyarakat berlangsung di rumah sejak April 2020 lalu, termasuk hobi yang biasanya tersalurkan dalam lingkup luas, kini terbatas.

Penyaluran hobi menjadi aktivitas alternatif masyarakat dalam masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Walaupun berada di rumah, masyarakat diharapkan mampu menciptakan kegiatan positif. Hasilnya, selama pandemi covid-19 muncul banyak tren hobi baru yang digandrungi masyarakat.

Di antara hobi yang saat ini sedang tren adalah berkebun, mengoleksi tanaman hias, dan membudidayakan ikan yang semuanya bisa dilakukan di rumah.

Untuk mempermudah penyaluran hobi tersebut, kini hadir aplikasi IndoHobi.id.

Pendiri & CEO lndoHobi.id Andy Hariyanto mengatakan, setiap manusia memiliki naluri untuk mengembangkan hobi dan lebih dari satu hobi yang cenderung digemari.

Karena itu, kata Andy, tak heran jika hobi tanaman hias dan ikan cupang masuk ke dalam siklus tren hobi yang digemari masyarakat Indonesia dan prospek dunia hobi di Indonesia pun berkembang cukup pesat.

baca juga :  Empat Organisasi Wartawan Depok Gelar Santunan Yatim dan Bukber

”Sebelumnya kita sudah pernah menemui musim hobi tanaman anthurium, lalu berganti masuk ke musim batu cincin, lalu berubah lagi ke musim hobi sepeda, kemudian kembali lagi ke musim tanaman hias, ikan cupang, dan akan terus bergerak dinamis mengikuti perkembangan zaman,” ujar Andy, kepada wartawan di Pulau Situ Gintung, Tangsel, Sabtu (3/10/2020).

Para pehobi kumpul saatpeluncuran IndoHobi.id di Taman Wisata Pulau Situ Gingtung, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (3/10/2020)

Karena melihat dunia hobi Indonesia yang pesat tetapi tidak memiliki wadah khusus yang mudah dijangkau masyarakat luas, Andy Hariyanto tergerak menciptakan platform khusus hobi yang bisa diakses secara daring.

Melalui platform lndoHobi.id, masyarakat pecinta hobi bisa bertemu langsung dengan sesama pehobi lewat aplikasi smartphone maupun website.

Tidak hanya itu, lanjut Andy, lndoHobi.id juga menawarkan beragam fitur yang dibutuhkan para pehobi, mulai fitur marketplace yang bisa menjadi sarana jual-beli perlengkapan hobi hingga club hobi.

baca juga :  Dukung PSBB Depok, KATAR Leuwinanggung Gelar Aksi Bagikan Masker Untuk Masyarakat

lndoHobi.id juga bisa menjadi sarana untuk berdiskusi dan lelang barang-barang hobi tertentu yang memiliki nilai tinggi dan jumlah terbatas, iklan hobi, juga sentra hobi. Tak hanya itu terdapat juga fitur lndoHobi Escrow Service sebagai layanan pembayaran terpercaya seperti fitur rekening bersama (rekber).

“Kami melihat industri atau bisnis yang berhubungan dengan hobi ini masih sangat potensial di indonesia. Bahkan, beberapa produk barang hobi asal indonesia bisa sangat bersaing dengan produk dari luar negeri,” pungkasnya.

Andy berharap para pehobi di Indonesia bisa bersatu dalam membangun dunia hobi Indonesia agar bisa memberikan dampak positif terhadap berkembangnya industri UMKM di tanah air,” tandasnya.

Salah satu pemilik Galeri Tanam Teduh, Ready Febrian, menuturkan bahwa jika hobi tanaman hias digandrungi oleh masyarakat, tentu akan berdampak terhadap psikologi masyarakat yang ingin tetap sehat dengan aktivitas positif di tengah wabah pandemi.

Berkebun dan bercocok tanam pasti membutuhkan aktivitas fisik. Kemudian, saat tanaman mulai tumbuh subur, ada efek visual yang diterima seseorang secara tidak sadar yang membawa pada kondisi rileks dan pikiran tenang.

baca juga :  Wakil Wali Kota : Pemerintah Siap Tindaklanjuti Hasil Reses DPRD Depok

“Secara tidak langsung kegiatan ini bisa berpengaruh positif terhadap kesehatan mental,” ujar pria yang membuka galeri tanaman di Taman Anggrek lndonesia Permai tersebut.

Agung Priyono, pemilik King Betta Fish 21, juga menjelaskan bahwa hobi mengoleksi dan membudidayakan ikan cupang juga kembali naik pamor, sedikit banyaknya dipengaruhi kondisi pandemi covid-19.

Menurutnya, fasilitas hiburan dan arena rekreasi yang belum dibuka selama kebijakan PSBB membuat orang-orang memutar otak untuk menciptakan sarana rekreasi alternatif di rumah.

“Salah satunya dengan mengoleksi ikan hias seperti cupang. Kalau dulu hobi ikan cupang lebih dikenal untuk diadu, sekarang ikan cupang lebih banyak dikenal untuk dikoleksi sebagai ikan hias karena kecantikan corak warnanya,” kata Agung. –Firad