DJC Gelar Peringatan HPN Bertajuk “25 Tahun Mengenang Udin Bernas Pahlawan Pers”

SAWANGAN, depokupdate.com || Depok Journalist Club (DJC) menggelar rangkaian acara peringatan HPN 2021 bertema “25 Tahun Mengenang Udin Bernas Pahlawan Pers” yang mati dibunuh karena berita, di Langgar Aksara Nusantara pada Jum’at (12/02/2021)

Acara yang didukung oleh Langgar Aksara Nusantara, Ikatan Keluarga Mahasiswa Depok, PDAM Tirta Asasta, Diskominfo Depok, Aksi Kamisan Depok, dan Komunitas Perutbunyi, berlangsung mulai pukul 14.00 – 20.00 WIB.

baca juga :  Kabur Saat Diinterogasi, Diduga Pelaku begal Keluarkan Senpi

Dimulai nonton bareng (nobar) film dokumenter Udin Pahlawan Pers yang mati dibunuh pada 12 Agustus 1996 oleh konspirasi penguasa, dan hingga 25 tahun berjalan, hukum di negeri ini belum bisa mengadili pelakunya.

Torben Rando Oroh, Pembina Depok Journalist Club menyatakan bahwa acara ini bagian dari upaya kami untuk terus ‘Menolak Lupa’.

baca juga :  Manfaatkan Teknologi Digital, PDAM Tirta Asasta Depok Terapkan GIS

“Kasus Udin adalah kasus pembungkaman jurnalis yang kritis, dan juga pelanggaran HAM Berat yang harus diungkap siapa pelakunya,” ujar Torben Rando Oroh dalam pembukaan acara.

Hadir dalam acara ini para aktivis HAM, mahasiswa, budayawan, musisi, dan jurnalis. Hadir juga Ketua Gusdurian Depok Bang Pacun, Aktivis Lingkungan Hidup Kiai Heri Gonku, Tuhari Arek Ketua Forum Wartawan Depok, Senimam Jokowik, Pimpinan Kuldesak Samsu Budiman, Pimpinan Depok Blues Forum Agung Saget dan beberapa tokoh masyarakat lainnya.

baca juga :  Kini Hadir Aplikasi Penyaluran Hobi IndoHobi.id

Sejumlah bintang tamu juga hadir mengisi acara yaitu musisi Ajisan Jiung, Syifasativa, Gong Merah Putih, dan Romi & The JAHATs.* -PRI